Ahmadiyya Priangan Timur

.

Saturday 4 October 2014

Khutbah Jumat: Kunjungan ke Irlandia

Ringkasan Khutbah Jumat Hazrat Khalifatul Masih V
(3 Oktober 2014)
Hazrat Masih Mau'ud as bersabda: menurut ajaran islam dasar dari keimanan islam hanya ada dua bagian, atau dapat dikatakan ajaran islam berdasar dua tujuan utama. Pertama memahami keesaan Tuhan dan mengenali keberadaanNya; untuk mencintai dan sungguh-sungguh mentaati-Nya sesuai dengan prasyarat cinta dan keitaatan. Tujuan kedua adalah untuk mengeluarkan kemampuan seseorang dalam pelayanan dan kemurahan hamba  Allah dan menjadi bersyukur dan mengasihi semua, dari seorang raja kepada seorang biasa.
Hazrat Masih Mau'ud bersabda: Ajaran Islam adalah dua bagian, pertama hak Allah dan kedua hak sesama manusia. Hak Allah meliputi mengingat-Nya dalam keitaatan dan hak sesama manusia meliputi kasih sayang bagi ciptaan Tuhan. Adalah hal yang tidak baik untuk menyakiti seseorang hanya karena perbedan agama.
Ada banyak lagi ceramah sejenis dan tulisan-tulisan Hazrat Masih Mau'ud yang menarik perhatian kita kepada kewajiban kita; suatu hal yang mana dunia saat ini membutuhkannya. Sesungguhnya ini adalah ajaran yang mana saat kita persembahkan kepada dunia membuat mereka tercengang. Saat bagian lebih lanjut dan detail ajaran Islam diterangkan keterkejutan mereka semakin bertambah hal ini karena secara umum orang diluar islam hanya diberitahukan oleh kalangan anti Islam bahwa Islam adalah sebuah ajaran ekstrimis yang merampas hak orang lain.
Realitas itu terungkap saat teladan kitab suci Al quran, teladan Rasulullah, bimbingan Khilafat Rasyida dan para sahabat  diperlihatkan sebelumnya oleh dunia. Dan saat dijelaskan kepada mereka bahwa Masih Mauud telah diutus di era ini dengan ajaran seperti yang diterangkn diatas yang mana muslim ahmadi berusaha menyampaikan ajarannya sesuai dengan apa yang dipraktekan, dunia membuat sebuah catatan. Huzoor mengatakan beliau telah mengamati bahwa ketika fakta-fakta diuraikan dengan baik itu membuat efek yang luar biasa bahkan kepada mereka yang keras mencela kepada Islam.
Hari ini Huzoor memberikan beberapa uraian bagaimana perjalanan baru-baru ini ke Irlandia, ajaran islam dijelaskan oleh beliau dalam khutbah jumah dan ceramah beliau dalam resepsi telah memperoleh efek positif bagi tamu kita di Galway. Huzoor bersabda para ahmadi hendaknya menyaksikan keduanya melalui MTA. Selanjutnya Huzoor menguraikan ajaran islam selama wawancara, berbicara dengan politisi dan berbagai orang berpengalaman yang diterima dengan baik. Huzoor mengatakan ini merupakan kualitas yang baik dari orang Irlandia yang terbuka mengungkapkan kesan positif dan negatif, atau bila mereka tidak menyukai apa yang mereka dengar, mereka tetap menjaga nasihat mereka sendiri dan tidak memuji sesuatu yang sia-sia.
Di hari setelah Huzoor tiba di Irandia, Jemaat disana telah mengorganisir sebuah pertemuan di gedung parlemen dengan beberapa anggota parlemen termasuk juru bicara parlemen nasional. Dia sangat ramah, terbuka dan pribadi yang adil. Dia mengatakan telah mengetahui mengenai jemaat dan nilai kebaikan karyanya dan mengatakan meskipun jemat Irandia kecil namun sangat aktif. Dia juga pernah berpengalaman secara pribadi dengan pengaruh jemaat di Afrika. Huzoor memberi informasi lebih lanjut mengenai pelayanan jemaat di afrika termasuk dalam pembangunan rumah sakit, penyediaan air bersih dan pekerjaan kemanusiaan lainya. Yang membuatnya takjub kebanyakan pelajar yang belajar di sekolah ahmadi dapat bebas mengikuti keyakinannya dan tidak dipaksa untuk mempelajari islam. Dia terkejut karena berbeda dengan sekolah kristen yang hanya mengajarkan alkitab. Pembicara juga mengatakan bahwa ada juga ekstrimis Kristen namun agama kristen tidak pernah disalahkan atas tindakan mereka. Namun kesalahan oleh setiap muslim akan selalu dipersalahkan karena agamanya.
Huzoor bersabda beliau telah bertemu dengan banyak anggota parlemen Irlandia dalam suasana ramah.  Huzoor menyampaikan kepada mereka tentang kedatangan Masih yang dijanjikan sesuai dengan nubuatan Nabi SAW. Mungkin beberapa politisi berfikir bahwa kita akan menjaga jarak dari umat Islam lainnya. Satu pertanyaan diajukan kepada Huzoor mengenai kemungkinan untuk mengadakan pembicaraan dengan kelompok muslim lain yang berseberangan dengan ahmadiyah. Huzoor mengatakan kepada mereka bahwa kami selalu siap sedia untuk hal itu namun di pihak mereka tidak mau datang. Huzoor menjelaskan bahwa baru-baru ini BBC merencanakan program dimana kaum muda ahmadi diundang untuk menyampaikan pandangannya dan kelompok di sisi lainnya juga diundang. Mereka mengetahui bahwa para penentang ahmadi tidak memiliki apa-apa dalam menanggapi fakta-fakta dan argumen kecuali kebohongan. Huzoor mengatakan kebebasan hak perempuan juga disampaikan oleh Huzoor didepan parlemen Irlandia yang memuaskan mereka. Perihal masalah perpecahan Islam menjadi beberapa sekte terjadi sejak dahulu dan ini menjadi alasan fundamental untuk terbentuknya Jemaat Ahmadiyah. Semua informasi yang disampaikan Huzoor didepan parlemen diterima dengan baik.
Lima anggota parlemen yang ditemui Huzoor di Dublin juga hadir saat resepsi jumat malam di Galway yang berlangsung setelah peresmian masjid. Tamu lainnya dalam resepsi termasuk 5 senator, anggota dewan kota, kepala inspektur polisi Galway, wakil uskup Galway yang juga merupakan seorang uskup, anggota dewan, dokter, guru dan dosen, insinyur, pengacara dan lainnya. Penerimaan berlangsung dalam suasana yang ramah.
Seorang politisi Irlandia mengatakan bahwa resepsi tersebut telah meningkatkan spiritualnya dan ia merasa terkesan dengan penerimaan huzoor. Dia mengatakan bahwa ia memiliki sahabat yang tinggal di Saudi Arabia dan apa yang dikatakan padanya mengenai islam bertolak belakang degan apa yang ia dengar dari resepsi bersama khalifah ahmadiyah.
Wakil walikota Galway mengatakan ia merasa senang melihat orang dari berbagai agama datang bersama dalam resepsi dan ia menyambut Islam Ahmadiyah di Galway.
Wakil ketua DPR mengatakan bahwa resepsi tersebut adalah suatu hal yang penuh rasa cinta dan pidato Huzoor penuh dengan kecintaan dan kedamaian yang sangat menggembirakan. Ia mengatakan bahwa pesan cinta merupakan suatu hal yang sangat kuat.
Tamu lainnya mengatakan ia merasa senang bisa hadir dalam resepsi tersebut dan selanjutnya akan membawa pesan yang diterimanya untuk disampaikan kepada yang lain.
Tamu lainnya mengatakan dia berbesar hati untuk meliat orang dari berbagai latar belakang datang bersama dalam resepsi. Ia berharap bahwa resepsi tersebut dapat membuka paradigma dalam masyarakat Irlandia sehingga setiap orang dapat hidup bersama dalam suasana positif dan masa depan yang positif dapat dibentuk untuk Irlandia.
Huzoor mengatakan ajaran Islam seperti itulah yang disebarkan oleh jemaat ahmadiyah dan menekankan pihak lainnya untuk melakukan hal yang sama.
Tamu lainnya mengatakan bahwa tidak diragukan lagi bahwa saat ini orang takut akan Islam. Bagaimanapun ia merasa pelajaran mengenai toleransi agama yang disampaikan dalam resepsi dan huzoor telah membuat tamu memberi perhatian kepada ajaran Islam mengenai cinta dan perdamaian yang ditemukan begitu nyata meyakinkan. Ia merasa telah belajar banyak dari acara terebut.
Seorang tamu merasa bahwa Huzoor telah menyentuh hal-hal yang sangat signifikan dan semua orang yang mendengar pidato Huzoor merasa sangat terkesan. Ia juga megatakan Huzoor telah menyinggung suatu kontradiksi dalam dunia islam saat ini.
Banyak tamu yang menyatakan bahwa mereka telah menemukan ajaran Islam sebenarnya dari resepsi tersebut. Banyak lagi yang merasa pidato Huzoor penuh dengan kebijaksanaan dan menyentuh hati. Para tamu terkesan dengan pesan damai Huzoor dan penjelasan tentang jihad dan merasa arti masjid sebagai penyeru kerukunan sangatlah tepat.
Seorang anggota dewan berharap pesan ahmadiyah beresonansi di dunia dan juga berharap kita menjadi duta sesungguhnya dari Nabi Suci (SAW). Huzoor mengatakan disini beliau melihat orang nasrani tidak hanya memperluas penghormatan kepada Nabi suci (SAW) namun juga berdoa agar pesan nabi dapat disebarluaskan.
Seorang tamu perempuan dari Yayasan Pendidikan Dublin memuji nama masjid yang didirikan ahmadiyah Irandia dan ia mengatakan bahwa pidato Huzoor memberinya pengetahuan mengenai kedudukan Hazrat Maryam dalam Islam dan bagaimana Alquran telah memuliakannya. Ia mendapatkan aspek menarik yang harus disampaikan kepada orang kristen yang menentang islam. Ia mengatakan bahwa ia tidak memiliki pengetahuan mengenai Islam namun sangat terkesan setelah mendengar pidato Huzoor.
Seorang tamu jurnalis perempuan mengatakan ia sebelumnya tidak familier dengan Islam namun ia telah menghabiskan waktu seharian di masjid dan mendengarkan khutbah jumat Huzoor dan juga pidato dalam reseopsinya. Ia mengatakan hanya bisa menyimpulkan dari semua itu bahwa Islam adalah agama damai dan ia mengalaminya langsung bagaimana begitu ramahnya para ahmadi.
Seorang tamu perempuan mengatakan bahwa wajah Islam yang ia terima hanya didapatkan dari apa yang digambarkan oleh media. Namun, setelah mendengar pidato Huzoor ia menghargai pesan penuh kedamaian yang disampaikan Islam.
Seorang anggota dewan selama ini selalu berfikir bahwa semua muslim adalah apa yang digambarkan oleh media, namun ia sangat terkesan dengan pidato Huzoor, terutama pesan perdamaian dan motto 'Love for All Hatred for None'. Ia mengatakan tidak dapat dipungkiri bahwa para ahmadi mempraktekkan apa yang mereka ceramahkan. Ia merasa dunia sangat membutuhkan pesan ini dan perlu disampaikan bahwa ada komunitas di dalam Islam yang bekerja hanya menyebarkan pesan kecintaan.
Huzoor mengatakan bukan hanya sekedar harus merasa senang dengan semua komentar positif tersebut, kita harus menyadari bahwa mereka telah meningkatkan rasa tanggung jawab kita semakin bertambah.
Seorang tamu anggota dewan perempuan mengatakan bahwa semua orang sedikit memberi perhatian sebelum datang dalam resepsi, namun dapat dipastikan setelah mendengar apa yang disampaikan Huzoor  dalam pidatonya bahwa tamu yang hadir akan terhindar dari beberapa keraguan dan kekhawatiran mengenai Islam.
Seorang tamu jurnalis mengatakan bahwa pidato Huzoor sangat penuh pemikiran. Ia juga mengapresiasi bahwa Huzoor dalam pidatonya menyinggung bahwa ekstrimis telah mengaburkan ajaran islam. Ia mengatakan telah mengenal Jemaat Ahmadiyah selama sebelas tahun namun penghargaannya kepada Jemaat Ahmadiyah lebih meningkat lagi pada hari itu.
Seorang anggota majelis nasional pertama-tama menyatakan rasa terima kasihnya. Lalu ia mengatakan bahwa ia telah memberi perhatian kepada para ahmadi atas peran aktivnya dalam anggota masyarakat dan bagaimana para ahmadi perempuan memberikan kegiatan amal sosial.
Huzoor mengatakan adalah hal yang  baik terlibat dalam segala bentuk amal sosial sebagaimana yang diperkenalkan oleh jemaat kepada pihak lain dan ini membuka sarana tabligh.
Kepala inspektur kota Galway mengatakan ia merasa terhormat dapat menghadiri resepsi. Ia mengatakan bahwa ia sangat menyadari bahwa Islam Ahmadiyah tidak mempromosikan pandangan ekstrimis melainkan mengajarkan toleransi beragama. Dia menyatakan itu adalah alasan masjid di beri nama Hazrat Maryam. Ia merasa senang bahwa kita telah memilih kota Galway untuk dibangun masjid. Dalam kapasitasnya sebagai seorang polisi dia memberikan jaminan keselamatan dan perlindungan bagi anggota jemaat.
Huzoor mengatakan di Pakistan dan beberapa negara lainnya masjid Ahmadiyah dirusak dan dinodai dan semua dilakukan atas nama Islam dan disini di dunia orang kristen mereka merasa terhormat karena kita telah memilih kotanya untuk dibangun masjid. Di tempat seperti Indonesia dan Pakistan tindakan ekstrimisme ditujukan kepada kita dengan dukungan dari pihak kepolisian namun polisi suatu negara kristen bertindak sebaliknya dengan meberikan kita warga ahmadi jaminan keselamatan. Hal ini menunjukan bahwa orang-orang nasrani telah mengadopsi moral yang diajarkan islam sementara umat muslim telah meninggalkan nilai moral tersebut.
Seorang politisi berpengalaman yang pertama kali terpilih pada tahun 1999 dan menjabat sebagai menteri kemasyarakatan dan urusan pedesaan 2002-2010 dan menteri perlindungan sosial tahun 2010 mengatakan bahwa ia juga menghadiri peletakan batu pertama masjid pada tahun 2010 dan sangat senang hadir dalam acara peresmian. Ia juga mengatakan sangat terkesan dengan ajaran kecintaan yang ditunjukan jemaat dan telah dibuktikan dalam etos kerja dalam hal ini merupakan tujuan yang luhur. Ia mengatakan sangat begitu terkesan dengan cara jemaat mengadakan konferensi agama sedunia dan membawa mereka yang berbeda keyakinan bersama dalam satu wadah.
Seorang pemilik perusahaan sound sistem yang mana telah membantu pekerjaan mengatakan dulu ada gereja milik katolik. namun ia mengatakan ia telah merasakan perubahan dalam dirinya setelah datang ke masjid dimana ia menemukan kedamaian. Ia mengatakan tak pernah menemukan Tuhan di dalam gereja namun saat ia menyaksikan Huzoor memimpin shalat ia menemukan Tuhan didalam masjid. Ia mengatakan ia telah mengambil sikap bersujud bersama Huzoor. Meskipun ia tidak tahu tentang shalat, ia mengulangi cara shalat para ahmadi dan mengatakan bahwa ia telah  berdoa begitu banyak buat para ahmadi di dalam sujud yang ia lakukan.
Pers merupakan sarana tabligh dalam menyampaikan pesan Islam. Di Irlandia TG4 sebuah saluran televisi dengan 5 juta pemirsa menyajikan berita tentang masjid dan memperlihatkan Huzoor saat menyampaikan khutbah jumat. Sebuah stasiun radio bernama RT Radio dengan satu juta pendegar juga merekam khutbah jumat Huzoor dan mewawancarai Huzoor dan menyiarkannya tanpa proses editing. Pembawa acara RT radio bertanya kepada Huzoor bahwa meski motto jemaat 'love for all hatred for none' para penentang bergerak di dunia muslim apakah itu tidak mengkhawatirkan Huzoor? Huzoor menjawab bahwa Islam tidak mengajarkan untuk berbuat kekejaman, tidak menganiaya orang lain dan ini adalah ajaran Islam sejati yang diikuti oleh jemaat. Ini adalah dasar dari motto 'love for all hatred for none'. Islam mengajarkan kepada kita bahwa hanya ada satu Tuhan dan Muhammad adalah utusan-Nya. Allah adalah Tuhan semesta alam dan ini menyatakan tentang Rasulullah adalah rahmat bagi semesta alam, untuk seluruh umat manusia. Kini saat keimanan bahwa hanya ada satu Tuhan yang memelihara dan menopang seluruh alam semesta dan ada satu nabi yang menjadi rahmat seluruh umat manusia, lalu bagaimana mungkin ajaran Islam ada hubungannya dengan merebut hak orang lain? reporter radio bertanya kepada Huzoor mengenai Taliban dan ISIS dan Huzoor mengatakan kepadanya mereka tersesat dan berada  dalam kesalahan. Reporter juga bertanya mengenai situasi dunia. Huzoor menjawab bahwa dunia begitu cepat terjerumus ke dalam kekacauan dan gejolak. Situasi ini tidak hanya terjadi di dunia muslim namun juga di eropa timur sedang menuju arah kekacauan. Jika kesabaran tidak ditunjukan dan jika upaya damai tidak dilakukan maka bencana besar berada di hadapan kita menjadi perang dunia ketiga. Hal ini juga disinggung dalam berita mereka. Sadr khuddam dan mubaligh Ahmadiyah juga diwawancarai. Galway FM radio dengan lebih dari ratusan ribu pendengar juga menyiarkan berita ini. 'Irish Times' surat kabar nasional memuat berita kita dalam 3/4 halaman beserta foto Huzoor dan foto masjid. Mereka juga mewawancarai Huzoor dan menerbitkan beberapa kutipan Huzoor. Pembaca surat kabar ini berjumlah 181.000 orang sedangkan versi onlinenya telah dibaca sebanyak 184.000 kali.
Sementara mewawancarai Huzoor surat kabar tersebut bertanya perbedaan antara ahmadi dan muslim lainnya. Huzoor menjelaskan bahwa perbedaan tersebut sesuai dengan nubuatan Nabi Suci (SAW). Huzoor mengatakan sementara masjid non ahmadi dipenuhi jamaah mereka tidak mendapat  bimbingan samawi. Huzoor mengatakan kepada mereka yang kita miliki bukan sekedar bualan bahwa seorang pembaharu dibutuhkan dan ia telah datang dan khilafat dapat didirikan hanya karena seseorang telah mengatakan demikian. Huzoor menjelaskan bahwa ada tanda-tanda samawi yang mendukung semua ini seperti gerhana matahari dan bulan.
Secara keseluruhan liputan media termasuk televisi, radio dan surat kabar sangatlah baik dan jemaat memperoleh publikasi yang positif. Huzoor bersabda dimanapun dibangun masjid, Allah memberi jalan yang luar biasa untuk menyebarkan pesan islam yang sebenarnya. Huzoor juga bersabda merupakan karunia besar dari Allah bahwa perjalanannya ke luar negeri mendapat berkat luar biasa dari Allah.
Semua keberkatan ini membuka jalan baru pertablighan dan mengenalkan jemaat sesuai dengan janji-janji Allah kepada Hazrat Masih Mauud (as). Upaya kita sangatlah kecil namun menerima anugerah dan karunia Allah yang lebih memperkuat keimanan setiap ahmadi.  
Masih Mauud bersabda; 'Sungguh menakjubkan bahwa mata orang-orang ini tidak dibuka meskipun Allah Taala telah membuat kebenaran begitu terang melalui kelimpahan dan ketegasan dalam mendukung tugas kita. Ini juga sebuah jalan Allah bahwa tuduhan yang menuduh orang lain sebagai pendusta melihat tanda-Nya.' Masih Mauud juga bersabda; 'Satu kali seorang penentang menulis surat kepada saya mengatakan bahwa orang tidak meninggalkan apapun batu yang terlewat dalam melakukan penentangan. Tapi kita tidak mengerti  satu hal, yaitu meskipun penentangan ini berhasil namun anda berhasil dalam segala hal'
Huzoor mengatakan orang tetap menanyakan hal yang sama hari ini namun pertolongan dan dukungan Allah kepada Masih Mauud (as) yang tidak mereka ingin saksikan. Yang mereka sebut para pemimpin telah menarik bulu diatas mata mereka sedemikian rupa daripada meraih cahaya mereka malah mencari kegelapan. Mereka terus mendapat murka Illahi berulang kali namun mereka tidak peduli. Bencana alam, keadaan menyedihkan dunia muslim dan pembunuhan serta kekacauan tidak membuat mereka merenungkan tentang apa yang terjadi kepada mereka! Apakah mereka meraih berkah Illahi dan dengan demikian juga menanarik dunia untuk meraih keberkatan tersebut ataukan mereka telah membuat kemunduran bagi dunia? semoga Allah memberi mereka karunia untuk keluar dari jerat yang menyatakan diri para ulama tersebut, pemimpin yang melayani diri sendiri dan menjalankan ajaran sejati Islam dan menerima Imam yang telah diutus oleh Tuhan! Mereka terus menerus mensyahidkan para ahmadi namun apakah mereka memperoleh kedamaian batin dengan mensyahidkan seorang ahmadi? Jika tidak setiap hari maka dalam waktu mingguan ratusan dari pihak mereka telah terbunuh. Ada begitu banyak kekacauan dan keresahan di setiap tempat di Pakistan. Huzoor berdoa semoga Allah memungkinkan kita memenuhi kewajiban kita dengan baik.
(terjemah: Doni Sutriana)