Ahmadiyya Priangan Timur

.

Tuesday 24 March 2015

Tasyakur Hari Masih Mauud as Jemaat Ahmadiyah Sanding - Garut


Garut - Setiap tahun pada tanggal yang sama, yakni tanggal 23 Maret sudah pasti kita akan merayakan satu hari yang bersejarah dalam berdirinya Jemaat Ahmadiyah. Yaitu hari Masih Mauud. Hari dimana Hz. Mirza Ghulam Ahmad as. mendakwakan dirinya sebagai Imam Mahdi dan 40 orang bai'at ke tangan beliau untuk pertama kalinya.

Dari 40 orang awalin tersebut, kini Jemaat Ahmadiyah sudah menyebar ke seluruh dunia di 206 negara dengan jumlah pengikut sebanyak kurang lebih 200 juta jiwa (sumber Mubaligh Wilayah Priangan Timur). 65 orang diantaranya merayakan Hari Masih Mauud ini di daerah Garut, tepatnya di Cabang Sanding.

Tua dan muda tak lupa beberapa anak kecil dan balita ikut meramaikan acara ini. Berlangsung pada pukul 06.15, dimulai dengan Shalat Maghrib & Isya dipimpin oleh Mln. Syihab Ahmad. Kemudian memasuki acara pertama dengan pembacaan Al-Quran, Surat Ash-Shaf : 1-14. Dilanjutkan pembacaan syair oleh Lajnah muda Sanding dengan membawakan Qasidah karya Hadhrat Masih Mau'ud as. 
Setelah pembukaan tersebut acara berlangsung dengan ceramah mengenai "Pelaksanaan Syarat Bai'at dalam Memperingati Hari Masih Mau'ud". Dengan paparan dan penyampaian beberapa kisah, ceramah ini mampu membuka jendela pengetahuan kita mengenai betapa pentingnya untuk selalu mengingat apa yang telah kita janjikan ketika pertama kali memasuki pintu bai'at kedalam bahtera nuh ini. Kita disegarkan kembali dengan suguhan yang bisa meningkatkan selera kita untuk selalu berkhidmat di jalan Allah.

Mln. Syihab Ahmad menyampaikan betapa pentingnya orang tua mengajarkan Shalat berjamaah pada anak-anaknya. Sehingga apa yang ditanamkan baik sedari kecil, akan berbuah baik pula ketika si anak beranjak dewasa. Tidak akan ada bahasa anak susah diatur kelak jika mereka dewasa. Beliau juga menyampaikan mengenai perjuangan Masih Mau'ud as ketika beliau berhadapan dengan penentang dan musuh beliau pada masa beliau pertama kali mendakwakan sebagai Imam Mahdi hingga kisah orang-orang yang pernah menentang beliau tetapi bai'at dengan cara yang sangat halus.

Semakin larut dalam paparan kisah yang disampaikan oleh Murabbi, membuat waktu tidak terasa sudah menunjukan pukul 20.00 WIB. Acara pun berlanjut ke sesi tanya jawab. Sembari acara tanya jawab berlangsung, seksi konsumsi pun membagikan hidangan ala kadarnya, tetapi tetap bercita rasa tinggi. Setelah acara tanya jawab berakhir, acara berlanjut ke pembagian hadiah untuk anak-anak Athfal,Nasirat, Banat dan Abna yang telah berpartisipasi dalam lomba menulis 17 ayat Surah Al-Baqarah.

Acara ditutup pada pukul 20.30 dengan doa yang dipimpin oleh Mln. Syihab Ahmad. Alhamdulillah acara di tempat beberkat ini bisa berjalan dengan baik. Hujan yang sudah turun sedari siang tidak menghentikan langkah-langkah anggota Jemaat Sanding yang hadir pada kegiatan ini. Alhamdulillah.

Adinda Firdhausya Zakhra

0 komentar:

Post a Comment