Ahmadiyya Priangan Timur

.

Friday 16 May 2014

IKATAN PERSAHABATAN

Prinsip saya adalah, seseorang yang satu kali telah menjalin ikatan persahabatan dengan saya maka saya mendukung persahabatan itu sedemikian rupa, sehingga bagaimana pun dia serta apa pun yang terjadi padanya, saya tidak akan memutuskan ikatan itu. Ya, kecuali jika dia sendiri yang memutuskannya saya tidak berdaya. Jika tidak adalah, kalau ada dari antara sahabat saya yang mabuk dan dia terjatuh di tengah pasar dan orang-orang mengerumuninya, maka tanpa takut celaan pencela saya akan menggendongnya dan membawanya pulang.

Ikatan persahabatan adalah permata yang sangat berharga. Ia hendaknya jangan dengan mudah disia-siakan. Dan betapa pun tidak enaknya hal yang ditimbulkan oleh sahabat-sahabat hendaknya hal itu diabaikan dan disikapi dengan lembut (kesabaran).”

(Malfuzhat, jld. II, hlm. 8).