Ahmadiyya Priangan Timur

.

Tuesday 30 September 2014

Pelatihan Jurnalistik Media Center Jemaat Ahmadiyah Priangan Timur

Dalam upaya menumbuh-kembangan minat menulis anggota Jemaat Ahmadiyah khususnya yang berada di wilayah Priangan Timur, Media Center Jemaat Ahmadiyah Priangan Timur mengadakan pelatihan jurnalistik dan publikasi media.
Pelatihan yang diadakan di masjid Mubarak Jemaat Ahmadiyah Tasikmalaya berlangsung selama 2 hari dari hari sabtu sore sampai minggu siang 27-28 September 2014 diikuti oleh utusan badan-badan dari setiap cabang Jemaat Ahmadiyah yang ada di daerah Tasikmalaya ditambah anggota AMSA tasikmalaya. Tercatat 26 khuddam, 10 ansharullah dan 29 Lajnah Imaillah mengikuti kegiatan ini.
Selama 2 hari pelaksanaan kegiatan peserta diperkenalkan seputar fungsi dan kerja Media Center, selain itu juga diajarkan bagaimana menulis reportase sebagai bentuk partisipasi aktif anggota bagi kemajuan Media Center. Tutorial membuat blog dan mebuat tulisan untuk di publkasikan juga diajarkan dalam kegiatan ini. Kelemahan secara umum Jemaat Ahmadiyah yang berada di wilayah Priangan Timur selama ini adalah banyaknya kegiatan yang tidak bisa dilaporkan karena tidak memahami bagaimana menuangkan reportase kedalam sebuah tulisan dan cara mempublikasikannya.
Kegiatan pelatihan tidak hanya berupa teori semata, pada pagi hari minggu seluruh peserta turun ke lapangan untuk belajar mencari liputan berita dimana setelah data diperoleh peserta mengolahnya menjadi sebuah tulisan yang langsung di pubikasikan melalui blog yang dibuat sebelumnya. Sebagai apresiasi panitia memberikan hadiah untuk blog yang memiliki keunikan dalam isi yang disajikan.
Ketua Media Center Jemaat Ahmadiyah Priangan Timur, Nanang Ahmad Hidayat merasa terkejut atas antusiasme peserta selama kegiatan maupun setelah kegiatan. Permintaan untuk mengadakan pelatihan lanjutan datang dari Lajnah dan Ansharullah, selain itu daerah Salawu serta Garut juga meminta panitia untuk mengadan acara yang sama di daerahnya.  Pasca pelatihan pengelola Media Center banyak mendapatkan kiriman tulisan baik liputan berita maupun artikel hasil tulisan anggota Jemaat.
Kegiatan Pelatihan Jurnalistik dan Orientasi Media Center ini sendiri terselenggara dari dana swadaya wilayah Priangan Timur khususnya daerah Tasikmalaya dan Ciamis dengan bertempat di Masjid, pembicara dari kalangan internal serta biaya konsumsi yang sederhana pengeluaran dapat di hemat dan tidak memboroskan biaya untuk hal yang tidak perlu. Orientasi pelatihan yang ditekankan kepada seluruh badan Jemaat Ahmadiyah lebih tepat sasaran dalam mengasilkan penulis-penulis Jemaat yang diharapkan kedepannya dapat meningkatkan kualitas tulisannya.
Doni Sutriana