Ahmadiyya Priangan Timur

.

Sunday 26 October 2014

Media Center Training Camp : Blog Goes To Village

 Tenjowaringin -  Tepat tanggal 25 Oktober 2014 yang  bertepatan dengan pergantian tahun baru Hijriah 1439 H, Media Center Priangan Timur mengadakan acara Media Center Training Camp untuk Jemaat-jemaat di Kecamatan Salawu. Acara yang berlangsung di lantai tiga kampus SMA Plus Al Wahid ini menghadirkan trainer dari Tim Media Center Wilayah Priatim. Acara ini digagas sebagai tindak lanjut instruksi  Huzur aba dalam khutbah beliau agar anggota Jemaat bisa mendalami jurnalisme sebagai media penyeimbang atas  minimnya informasi tentang eksistensi  dan banyaknya berita negatif tentang Jemaat Ahmadiyah khusunya di media massa.

Acara yang berlangsung mulai pukul 09.00 ini, di isi dengan pemaparan peran media dan keterampilan menulis di Blog.  Acara ini juga di hadiri Bapak Mubaligh Wilayah Priangan Timur Mln. H Syaeful Uyun dan Juga Bapak Amir Daerah Tasikmalaya Ciamis Drs. Iyon Sopyan. Sambutan dari Bapak Muballigh Wilayah Priatim berisi pada pentingnya keterampilan menulis bagi Jemaat. Beliau mencontohkan seorang tokoh bernama Syafii Rajo Batuah  yang sangat aktif menulis pada era nya di Buletin Sinar Islam. Sebanyak 45 orang peserta dengan penuh antusias mengikuti pelatihan yang dipandu oleh tiga narasumber ini. 

Ketua Media Center, Nanang Hidayat mengawali dengan memberikan orientasi Media Center di Wilayah Priangan Timur, apa peran sertanya dalam urusan Kharijiah Jemaat Ahmadiyah. Pembicara berikutnya Mln. Syihab Ahmad mempresentasikan pengenalan terhadap video jurnalistik. Pembicara ketiga yaitu Doni Sutriana, admin dari blog ahmadiyyapriatim.blogspot.com serta akun twitter @jai_priatim yang memandu para peserta untuk membuat blog.

Qaid Daerah Salawu, Munawarman yang sekaligus sebagai ketua pelaksana acara memaparkan bahwa tujuan utama dari acara ini adalah untuk mengenalkan peran media sosial di masyarakat khususnya anggota  Jemaat di daerah Tenjowaringin. Media sosial di ibaratkan dua sisi mata uang. Terkadang media bisa menjadi penyebar kebencian akan tetapi bisa digunakan sebagai media informasi yang membangun sehingga bisa kita manfaatkan sebagai media tabligh atau kampanye tentang eksistensi Jemaat Ahmadiyah di Indonesia. Adapun tujuan dari acara ini adalah supaya warga masyarakat khusunya anggota jemaat Tenjowaringin “melek internet”.

Salah satu peserta yang ikut berpartisipasi Ihsan Billy dari cabang Cigunung Tilu, dalam pemaparanya  sangat senang mengikuti acara ini, karena dia banyak menemukan hal yang baru tentang dunia Jurnalistik khususnya Media Internet. Pemuda ini berharap hasil dari pertemuan ini dapat ia implementasikan di cabangnya sehingga anggota di sekitarnya mampu mengoptimalkan gadget yang sekarang bukan barang langka ini. (Asep Diman)

1 comment: