Ahmadiyya Priangan Timur

.

Sunday 22 February 2015

DUA MACAM DUKUNGAN ILAHI

Salah satu dukungan Ilahi adalah sangat jelas dan tampil secara nyata, dan orang-orang mukmin dapat melihatnya. Namun sebagian dukungan itu terselubung sedemikian rupa, sehingga dalam pemahamanku tidak ada suatu kaidah pun yang dapat inenunjukkannya kepada orang-orang secara umum.

Misalnya adalah tulisan bahasa Arab. Aku benar-benar mengetahui sejauh mana aku menguasai bahasa Arab. Namun, ketika aku mulai menulis maka satu persatu kata-kata yang tepat dan sesuai itu diilhamkan kepadaku. Sekarang cobalah katakana, bagaimana caranya aku dapat memberitahukan dukungan Ilahi ini, yakni mengapa Allah menanamkan kata-kata itu ke dalam kalbu? 

Dan lihatlah di dalam buku Ayyāmu Shuluh ini banyak sekali artikel muncul yang tidak ada sedikit pun di dalam tulisan-tulisanku sebelumnya. Dan Allah Ta’ala benar-benar mengetahui bahwa artikel-artikel itu tidak pernah sebelumnya terlintas di dalam pikiranku. Namun sekarang artikel-artikel itu muncul di dalam kalbu sedemikian rupa, sehingga tidak dapat aku pahami selama belum adanya dukungan Ilahi yang membuatnya demikian. Dan ini merupakan karunia Allah Ta’ala yang Dia berikan kepada hamba-hamba-Nya yang Dia maksudkan untuk suatu penugasan tertentu.

Ini juga suatu hal yang benar, bahwa untuk penulisan buku-buku, selama tidak ada kesehatan dan waktu yang luang maka pekerjaan itu tidak dapat berjalan. Dan karunia Allah Ta’ala ini diraih oleh orang-orang yang ditetapkan oleh-Nya untuk suatu penugasan (pekerjaan) tertentu. Kemudian barulah segenap sarana yang diperlukan untuk penulisan tersebut terkumpul dengan serta-merta” 
 
(Malfuzhat, jld. I, hlm. 269-270).

0 komentar:

Post a Comment