Ahmadiyya Priangan Timur

.

Tuesday 24 February 2015

IKUTI JEJAK PARA SAHABAH RASULULLAH SAW

Senantiasalah perbaiki dan sesuaikan ucapan serta perbuatan kalian. Seperti yang telah diperlihatkan oleh para sahabah r.a. di dalam kehidupan mereka, seperti itu pulalah hendaknya kalian mengikuti jejak-langkah mereka, dan memperlihatkan suri teladan ketulusan serta kesetiaan kalian.

Ingatlah selalu contoh yang telah diperlihatkan Hadhrat bu Bakar Shiddiq r.a.. Simaklah masa yang dialami Rasulullah saw. ketika orang-orang Quraisy yang merupakan musuh berusaha mencelakakan beliau dari segala arah. Mereka telah menyusun rencana untuk membunuh beliau. Masa itu merupakan masa yang penuh cobaan.

Pada waktu itu sikap persahabatan yang telah diberikan Hadhrat Abu Bakar r.a., tidak ditemukan tandingannya di dunia ini. Kekuatan dan kemampuan ini sama sekali tidak dapat timbul tanpa keimanan yang tulus (benar). Pada hari ini, sekian banyak kalian yanag duduk di sini, pikirkanlah di tempat kalian masing-masing, yakni jika cobaan semacam itu menghadang kita, berapa banyak di antara kalian yang bersedia untuk terus menemani? Misalnya, jika ada interogasi dari Pemerintah -- yakni, “Siapa-siapa saja yang telah baiat kepada orang ini?” -- maka berapa orang yang akan dengan berani mengatakan bahwa mereka memang termasuk di antara orang-orang yang telah baiat?

Aku tahum, bahwa dengan mendengar hal itu, kaki dan tangan sebagian orang akan menjadi kaku, dan langsung akan teringat kepada mereka tentang harta-kekayaan mereka serta sanak-keluarga mereka, bahwa semua itu terpaksa akan ditinggalkan.

(Malfuzhat, Jld. I, hlm. 374-375).

0 komentar:

Post a Comment