Ahmadiyya Priangan Timur

.

Monday 6 April 2015

Menjadi Percaya Diri Melalui Kelas Murabbi

Dilaporkan oleh : Adinda Firdhausya

Garut - Dalam rangka menggali potensi guna menetaskan bibit-bibit Murabbi di Wilayah Jabar 6, Pengurus Wilayah Garut mengadakan kelas Murabbi yang diadakan di Aula Mesjid Nasir, Garut. Kelas Murabbi ini diikuti oleh 10 Jemaat lokal, dengan rata-rata peserta yang hadir sebanyak 40 orang setiap pertemuan.

Pelatihan yang dilakukan sekali dalam seminggu dan dimulai ba’da Dzhuhur ini di pandu oleh Bapak Mansoor Ali sekaligus koordinator acara. Yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini yaitu Mln. Ridwan Ahmad, Mln. Tatep Wahyu, Mln. Syihab Ahmad, serta Bapak Bubun Sadkar. Sebelum acara Kelas Murabbi dimulai, para peserta disuguhi pelajaran Ta’limul Qur’an yang disuguhkan oleh Mln. Ridwan Ahmad yang berlangsung kurang-lebih selama satu jam.

Pada jam berikutnya tiba saatnya peserta mendengarkan beberapa teori menjadi murabbi dan khatib yang baik dari para narasumber. Mln. Syihab Ahmad menjelaskan bagaimana menjadi Khatib pada saat Khutbah Jum’at yang baik, kemudian Bapak Bubun Sadkar bagaimana menyampaikan pidato atau ceramah dengan gaya yang santai dan dapat diterima dengan baik oleh pendengar.  Bapak Mansoor Ali pun memberikan materi mengenai tips dan trik menjadi Pembicara yang enak didengarkan dan tidak berbelit-belit serta bagaimana cara menghilangkan gugup di atas mimbar. Beberapa slide dan video pun disampaikan untuk menunjang pembelajaran ini.
 
Dengan metode belajar yang disampaikan oleh mentor, terlihat meskipun baru 4 kali pertemuan, beberapa bapak dan ibu sudah berani menyampaikan resume Khutbah Jum’at (Khalifatul Masih V atba) dengan gayanya masing-masing. Beberapa mentor termasuk Mln. Ridwan Ahmad, Mln. Syihab Ahmad & Mln. Tatep Wahyu Rahimullah, Bapak Bubun Sadkar, Bapak Cecep Ahmad Santosa juga memberikan motivasi dan penilaian yang mampu membangkitkan minat dan kepercayaan diri peset agar menjadi Murabbi yang baik dan benar.
 
Semoga dengan adanya Kelas Murabbi di wilayah Garut (Jabar 6) ini dapat memberikan ilmu penyegaran yang membasuh bibit-bibit Murabbi sehingga siapa saja dapat menyampaikan mengenai Ajaran Islam dan Ahmadiyah yang sesungguhnya, tentu saja berdasarkan Ilmu dan fakta yang kita pelajari ini.

0 komentar:

Post a Comment