Ahmadiyya Priangan Timur

.

Monday 23 February 2015

OBAT BAGI KELALAIAN ADALAH TAUBAT DAN ISTIGHFAR

“Keadaan sebagian orang adalah mereka dikepung oleh sarana-sarana sedemikian rupa, misalnya pekerjaan atau karena sebab lain, sehingga sebagian besar umur mereka telah berlalu dalam kegelapan. Mereka tidak memperhatikan bagaimana harus disiplin terhadap salat. Tidak pula mereka memperoleh kesempatan untuk mendengar firman Allah dan sabda Rasul. Tidak terpikirkan sedikit pun oleh mereka untuk menyimak Kitab Allah.

Dalam kondisi demikian, tatkala satu jangka masa telah berlalu dalam kegelapan, maka pikiran-pikiran demikian menguat dan menjadi suatu sifat yang kedua. Jadi, pada waktu itu apabila manusia tidak mengerahkan perhatian ke arah taubat dan istighfar maka pahamilah bahwa manusia ini sungguh malang.

Obat paling baik untuk kelalaian dan kemalasan adalah istighfar. Ketika timbul suatu cobaan karena kelalaian-kelalaian serta kemalasan-kemalasan di masa lampau, maka seringlah bangun di malam hari dan berdoalah sambil bersujud, dan berjanjilah di hadapan Allah Ta’ala untuk melakukan suatu perubahan yang sejati dan suci.” 
(Malfuzhat, jld. I, hlm. 300-301)

0 komentar:

Post a Comment