Ahmadiyya Priangan Timur

.

Sunday, 1 March 2015

SIAPAKAH ABDAL? Masih Mauud as:

Kalian hendaknya mengetahui, bahwa seseorang yang melakukan perubahan dalam dirinya dia memasuki derajat abdal. Rahasia-rahasia keutamaan Al-Quran tidak disampaikan kepada seseorang, kecuali orang itu termasuk golongan abdal. 

Sebagian besar orang salah mengerti makna kata abdal dan mereka memberikan bermacam-macam tafsir, sementara sesungguhnya abdal adalah orang-orang yang melakukan perubahan suci dalam hidupnya, perubahan yang menyingkirkan kegelapan dosa dan menghapuskan karat. Kerajaan setan dihancurkan dan hati mereka diisi Tuhan Yang Maha Perkasa. Lebih lanjut mereka menjadi orang yang menerima kekuatan dari Ruh-ul Qudus dan mereka dianugerahi Kemurahan Tuhan. 

Aku sampaikan kabar gembira kepada kalian, bahwa siapa saja di antara kalian yang mengadakan perubahan suci dalam hidupnya akan menjadi abdal. Jika seseorang bergerak menuju Tuhan, rahmat Tuhan datang menyambutnya. Adalah hal yang sebenar-benarnya -- dan aku ingin mengemukakannya kepada kalian -- bahwa tidak ada andil kecerdasan…. 

yang dapat membuat manusia memhami rahasia-rahasia Al-Quran. Memiliki otak yang cerdas tidak cukup untuk meraih ilmu Al-Quran. 

Sumber hakiki dari ilmu itu adalah takwa. Tuhan sendiri yang menjadi Guru bagi orang-orang mutaki (bertakwa). Itulah sebabnya kebanyakan nabi butahuruf, dan itu pula sebabnya Rasulullah saw. disebut ummī (butahuruf).” 

(Malfuzhat, jld. I, hlm. 408). 

0 komentar:

Post a Comment