Ahmadiyya Priangan Timur

.

Thursday 18 June 2015

Jalsah Salanah Wilayah Garut : Meningkatkan Kecintaan Kepada Allah


Dilaporkan oleh : Syihab Ahmad

Garut - Jum’at terakhir sebelum memasuki bulan ramadhan (12/6) wilayah Garut membuka Jalsah Salanah untuk 12 jemaat lokal di wilayah Garut. Kegiatan rutin tahunan Jemaat Ahmadiyah ini dilaksanakan selama 3 hari. Hadir sebanyak 615 orang peserta selama berjalanya acara yang mengambi tema “Meningkatkan Kecintaan Kepada Allah Ta’ala Dengan Mengikuti Suri Teladan Rasulullah SAW.”

Kegiatan ini dipimpin oleh Mln. Ahmad Hidayatullah yang hadir sebagai perwakilan dari Amir Nasional yang berhalangan hadir. Beliau memberikan ceramah mengenai bagaimana hubungan kita dengan Khilafat. Selain beliau para pembicara lain yang terdiri dari para Muballighin, Amir Daerah, serta tokoh-tokoh Jemaat di Wilayah Garut ini pun menyampaikan ceramah-ceramah yang sangat menarik yang memang sangat khas disampaikan pada saat Jalsah Salanah seperti Nizam Al-Wasiat, Da’i Ilallah, Sholat Berjamaah serta makna daripada Jalsah Salanah yang menjadi air rohani bagi para peserta yang hadir pada kesempatan itu.

Selain ceramah-ceramah kegiatan Jalsah Salanah ini juga diisi dengan menyaksikan Khutbah dari Hadhrat Khalifah Waqt secara live via MTA. Khutbah diterjemahkan dengan bantuan kemajuan teknologi dan media sosial seperti adanya live twit yang mempermudah proses penterjemahan Khutbah ini. 

Drs. Pitoyo M.Ikom
Di malam terakhir Jalsah juga diputar sebuah video dokumenter yang menceritakan perjalanan Jemaat Ahmadiyah sejak 1889 hingga sekarang. Melihat perkembangan Jemaat ini dengan karunia Allah membuat semangat kecintaan kepada Jemaat ini pun semakin bertambah. Selain itu sebuah video footage mengenai Bai’at yang diambil dari mtaonline pun membuat para peserta sangat antusias dan betah melihat penjelasan yang diberikan secara virtual ini.

Akhirnya di penghujung acara tahunan ini seorang undangan khusus memberikan kesan mengenai Jalsah ini. Beliau adalah Drs. Pitoyo M.Ikom Kepala Redaksi Harian Tribun Jabar. Beliau baru saja mendapatkan gelar doktoral setelah mengadakan penelitian terhadap Jemaat Ahmadiyah. Untuk keperluan penelitian ini beliau sampai mengunjungi Qadian dan Kashmir untuk melihat tempat bersejarah Jemaat Ahmadiyah dan makam Nabi Isa as. di Srinagar, Kashmir. Beliau melihat banyak contoh-contoh yang bisa didapatkan dari Jalsah ini. Diantaranya adalah Sholat Tahajud bersama yang menjadi ciri khas dalam setiap pelaksanaan Jalsah.


0 komentar:

Post a Comment