Ahmadiyya Priangan Timur

.

Friday 23 May 2014

IMAN MERUPAKAN SEBUAH RAHASIA

”Namun ingatlah, iman merupakan sebuah rahasia yang ada di antara seorang mukmin (beriman) dengan Allah Ta’ala. Di antara manusia tidak ada yang mengetahui [rahasia] itu selain orang mukmin tersebut. Ini jugalah yang merupakan hakikat ,"Anna `inda zhanni 'abdii bii – (Aku tampil sesuai pemikiran hamba-Ku terhadap-Ku)”.

Kadang-kadang orang-orang yang tidak tahu menahu ilmu-ilmu sejati dan makrifat-makrifat Ilahi karena tidak mengetahui hubungan-­hubungan orang-orang mukmin tertentu dengan Allah Ta’ala mereka menyatakan keheranan dan rasa aneh mereka, misalnya dalam hal-hal yang menyangkut rezeki dan kehidupan orang mukmin tersebut. Dan kadang-kadang rasa aneh tersebut membawa mereka sampai ke tahap prasangka buruk serta kesesatan, sebab pandangan mereka hanya sampai pada sarana-sarana terbatas yang ada pada mereka, dan mereka tidak tahu menahu tentang rahasia yang dimiliki orang mukmin tersebut dengan Allah Ta’ala..

Saya menghendaki supaya sahabat-sahabat saya menjadikan rahasia mereka dengan Allah Ta’ala seperti rahasia para sahabat r.a.”

(Malfuzhat, jld. II, hlm. 98).