Ahmadiyya Priangan Timur

.

Monday 12 January 2015

Peringatan Siratun Nabi Jemaat Ahmadiyah Singaparna

Jemaat Ahmadiyah Singaparna minggu 11 Januari 2015 telah memperingati Siratun Nabi bertempat di Gedung Serba Baiturrahim Jemaat Ahmadiyah Singaparna.
Peringatan Siratun Nabi Jemaat Ahmadiyah Singaparna
Sekitar 150 anggota Jemaat baik dewasa maupun anak-anak menghadari acara, gedung yang bersebelahan tereltak di komplek Masjid Baiturahim ini digunakan karena masjid masih dalam tahap renovasi perluasan bangunan.

Hadir dalam kesempatan peringatan Siratun Nabi Mubaligh Wilayah Jemaat Ahmadiyah Priangan Timur, Mln. H. Syaeful Uyun. Dalam ceramah utamanya Mubaligh yang belum genap setahun bertugas di wilayah Priangan Timur menyampaikan tentang cinta kasih Rasulullah SAW terhadap umat manusia begitu tinggi. Salah satu contohnya, ketika beliau memimpin sholat, setelah salam beliau membalikkan badan dan menatap para jamaah untuk mengetahui siapa yang tidak hadir saat itu. sahabat yang tidak hadir ditanyakan, apakah sakit atau ada masalah? Lalu dijenguk oleh Rasulullah SAW. Begitu tinggi perhatian beliau terhadap umatnya.

Kemudian Maulana Syaeful Uyun menjelaskan juga kenapa organisasi Jemaat dinamakan Jemaat Ahmadiyah? Salah satu diantaranya adalah agar warga Jemaat ahmadiyah dapat menyerap sifat2 Ahmad-nya Rasulullah SAW. "Huzoor menganjurkan badan2 dalam Jemaat agar memprogramkan menengok orang2 sakit sebagai perwujudan kasih sayang baik kepada kawan maupun yang menentang Jemaat." tutur beliau
Mln. Syaeful Uyun tengah memberikan Tauziyah
Selanjutnya beliau menyampaikan "Sunnah lainnya dari Rasulullah SAW, adalah silaturahmi. Berkaitan dengan program rabtah. Saat ini adalah saat2 penting melakukan silaturahmi menjelang seabad Jemaat Ahmadiyah Indonesia, terutama silaturahmi kepada non-ahmadi. Hal ini dapat mengubah persepsi non-ahmadi tentang jemaat. Dapat mengubah persepsi negatif menjadi positif."

Mln. Syaeful Uyun juga menuturkan "Selain memiliki sifat Raufur-rahim (cinta kasih yang luar biasa) Rasulullah SAW juga memiliki keberanian yang luar biasa. Ada saat-saat tertentu beliau menunjukkan keberaniannya yg luar biasa. Contohnya ketika Rasulullah menagihkan utang seorang Yahudi kepada Abu Jahal yang sangat membenci kepada beliau." 

"Keberanian ini hendaknya menjadi teladan bagi warga jemaat supaya tidak gentar menghadapi penentang atau orang yang membenci jemaat dan melakukan penekanan2 terhadap jemaat." pungkas Mubaligh yang berperawakn tinggi besar ini.
Kaum Ibu Jemaat Ahmadiyah Singaparna
Acara yang dimulai pukul 13.30 WIB berakhir pukul 16.00 WIB, hidangan jamuan makan bagi jemaat telah disediakan panitia dimana dananya berasal dari sumbangan anggota Jemaat. Salah seorang warga non ahmadi juga turut menyumbang untuk acara ini, meskipun beliau tidak dapat menghadiri acara. Warga non ahmadi ini merupakan warga yang berada disekitar Masjid Baiturrahim yang warungnya sering menjadi tempat belanja anggota Jemaat dan telah bersilaturahmi baik dengan warga Jemaat Ahmadiyah Singaparna seperti umumnya warga Babakan Sindang yang berada di komplek Pesanten Cipasung.

1 comment: