Ahmadiyya Priangan Timur

.

Tuesday 10 February 2015

DUA KELOMPOK YANG MEMILIKI LANGKAH-LANGKAH BEBERKAT PADA JALAN SULUK

jalan-suluk
Di dalam jalan suluk (jalan mencari kebenaran) terdapat dua kelompok yang memiliki langkah-langkah yang beberkat. Pertama, adalah kelompok dīnul ajaiz, yang mengayunkan langkah pada masalah-masalah besar. Misalnya mereka disiplin mengenai hukum-hukum syariat dan mereka memperoleh najāt (keselamatan). Yang kedua, adalah mereka yang melangkah ke depan tanpa merasa letih, dan terus berjalan sampai akhirnya mereka mencapai maksud tujuan.

Tetapi kelompok yang gagal adalah mereka yang melangkahkan kaki pada masalah-masalah pokok keagamaan (dīnul ajaiz), tetapi mereka tidak mengarungi jalan suluk, mereka pasti akan menjadi tidak ber-Tuhan. Misalnya sebagian orang mengatakan, “Kami pun selalu mengerjakan shalat dan juga bersemedi, akan tetapi tidak ada faedahnya.”

Sama seperti yang diterangkan oleh seseorang bernama Mansur Masih, bahwa yang menyebabkan dia masuk Kristen adalah, bahwa dia pergi kepada orang-orang suci, senantiasa bersemedi, akan tetapi tidak memperoleh manfaat apa-apa, maka dia menjadi Kristen setelah menyimpan prasangka buruk.

(Malfuzat, jld I, hlm. 24 / Pidato Pertama Hadhrat Masih Mau’ud a.s. pada Jalsah Salanah, 25 Desember 1897).

0 komentar:

Post a Comment