Ahmadiyya Priangan Timur

.

Friday 17 July 2015

Perayaan Idul Fitri Jemaat Ahmadiyah Tasikmalaya

Jemaat Ahmadiyah Tasikmalaya merayakan Idul Fitri 1 Syawal 1436 H pada hari Jumat sesuai dengan keputusan pemerintah Republik Indonesia.
Perayaan-Idul-Fitri-Jemaat-Ahmadiyah-Tasikmalaya
Khutbah Idul Fitri Jemaat Ahmadiyah Tasikmalaya
Tepat pukul 6.30 WIB shalat Id didirikan 300 jamaah yang memenuhi 2 lantai bangunan masjid Mubarak di jalan Nagarawangi Tasikmalaya. Mln. Yahya Sumantri mubaligh lokal Jemaat Ahmadiyah Cabang Singaparna menjadi imam dan yang menyampaikan khutbah pada shalat Idul Fitri tahun ini.

Dalam khutbahnya beliau menyampaikan inti sari khutbah Idul Fitri Hazrat Khalifatul Masih V Mirza Masroor Ahmad tanggal 30 Juli 2014 di Masjid Baitul Futuh, London. Dalam khutbah tersebut Khalifah mengingatkan jemaat tentang hakikat Id yang hakiki, Rasulullah SAW juga menyebut bahwa selain Idul Fitri dan Idul Adha hari jumat juga merupakan hari Id namun banyak yang melalaikan Id ini dan tidak menaruh perhatian serta tidak terbiasa menghadirinya.
Perayaan-Idul-Fitri-Ahmadiyah-Tasikmalaya
Mln Yahya Sumantri khutbah idul fitri
di Jemaat Ahmadyah Tasikmalaya
Mengutip sabda khalifah, Mln Yahya Sumantri menyampaikan "Janganlah mengira dengan menunaikan shalat jumat ataupun shalat Id, kalian telah merayakan Id hakiki dan mencapai maqam keruhanian yang kalian rindu-rindukan." seraya menagaskan kutipan sabda "Sebenarnya Id-Id itu datang supaya menarik perhatian kita bahwa maqam-maqam ruhani juga bersifat relatif. Jika seseorang tidak menjadikan setiap jumat dan setiap Id sebagai sebab untuk meningkatkan maqam keruhanian tentu kesempatan-kesempatan ini akan menjadi sebab kehancurannya bukan menjadi sebab kebahagiaannya."

Dalam khutbah yang dibacakan oleh Mln Yahya Sumantri ditegaskan oleh sabda khalifah bahwa Id hakiki adalah yang didalamnya insan merasakan kelezatan dalam beramal, maksudnya ia merasa bahagia ketika mempersembahkan pengorbanan-pengorbanan dan ia bersedia untuk mati di dalam api serta selamanya tidak berfikir untuk meninggalkan beramal.

Pada akhir khutbah disampaikan mengenai sunnah Rasulullah yang harus diikuti oleh para jemaah yaitu puasa 6 hari di bulan syawal, dimana mengutip hadits Mln Yahya Sumantri menyampaikan bahwa barangsiapa mengerjakan puasa di bulan ramadhan dan diikuti 6 hari selanjutnya puasa di bulan syawal ia seolah-olah berpuasa sepanjang tahun.
Idul-Fitri-Ahmadiyah-Tasikmalaya
Musafahah setelah shalat Id
Pesan terakhir yang diingatkan kepada Jamaah yang hadir adalah mengingatkan untuk membayarkan zakat Mal, Mln. Yahya Sumantri menegasakan kepada Jamaah harta yang mengendap selama 1 tahun baik itu tabungan, harta berupa emas, perak maupun pertanian harus segera dibayarkan zakatnya sebagai pensucian dari harta tersebut.

Seselai khutbah seluruh jemaah yang banyak diantaranya merupakan perantau yang tengah pulang ke kampung halaman saling bersilaturahmi, puluhan anak berusia athfal dan Nashirat mendapat hadiah lebaran dari Jemaat Ahmadiyah yang diberikan langsung oleh seorang pengurus. <Doni Sutriana>

Idul-Fitri-Ahmadiyah
Athfal tengah mendapat THR

0 komentar:

Post a Comment